Apa Itu Sindrom Geriatri, dan Bagaimana Cara Menanganinya dalam Keluarga?


Apa Itu Sindrom Geriatri, dan Bagaimana Cara Menanganinya dalam Keluarga?

Diambil dari kata geron yang berarti lansia, sindrom geriatri ini merupakan sindrom yang diderita oleh para lansia yaitu mereka yang memiliki usia 60 tahun ke atas yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka, kesehatan, kecacatan bahkan resiko kematian. Di Indonesia sendiri, lansia dengan usia 60 tahun ke atas tersebut berjumlah sekitar 24 juta orang. Para lansia ini juga memiliki dokter khusus yang menangani masalah lansia baik penyakit yang sering mereka derita maupun karakter para lansia yang tak lagi sama dengan saat mereka masih muda. Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga dengan usia tersebut, sebaiknya memiliki pengetahuan yang cukup agar bisa merawat lansia dengan berbagai gejalanya.

Sindrom lansia ini bukan hanya dikarenakan usianya saja, namun juga dari segi kognitif, gangguan melakukan aktifitas dan gangguan mobilitas atau pergerakan. Dari beberapa faktor tersebut, lansia bisa menunjukan gejala sindrom lansia baik satu maupun beberapa gejala sekaligus. Anda yang memiliki orang tua lanjut usia perlu memahami bahwa orang tua Anda sudah tidak sesehat dan seaktif dulu sehingga Andalah yang perlu lebih banyak tahu untuk bisa merawat mereka dengan benar. Berikut ini adalah beberapa gejala sindrom lansia dan bagaimana cara penanganannya agar para lansia tetap memiliki kualitas hidup yang baik.

  1. Delirium.
Delirium merupakan gangguan mental yang parah sehingga penderitanya sering mengalami kebingungan hingga kurangnya kesadaran pada lingkungan sekitar.

  1. Dimensia.
Dimensia merupakan kondisi dimana seseorang perlahan-lahan mulai lupa terhadap apa yang pernah dialaminya. Namun ingatan tersebut terkadang bisa kembali secara samar dan sementara.

  1. Lemah.
Lansia sudah tidak memiliki kekuatan seperti saat di usia muda karena kekuatan otot yang sudah berkurang.

  1. Gangguan pendengaran atau penglihatan.
Gangguan pada panca indra merupakan hal yang lumrah karena penurunan daya kerja dari organ yang berhubungan.

  1. Osteoporosis.
Kondisi dimana tulang mengalami keropos akibat massa yang berkurang. Hal ini juga menyebabkan lansia mudah mengalami patah tulang akibat cedera ringan.

  1. Susah makan.
Selain karena faktor gigi yang mungkin sudah berkurang, organ pencernaan juga sudah tidak seperti dahulu sehingga nafsu makan berkurang atau menjadi pemilih makanan.

Sindrom geriatri di atas perlu diberi perhatian lebih dari para anggota keluarga yang lain. Sesuai dengan gejala yang diberikan, keluarga bisa memberikan penanganan yang tepat dan kasih sayang yang lebih untuk orang tua lanjut usia. Berikut ini ada beberapa hal yang juga perlu diterapkan untuk mengurangi efek gejala sindrom lansia tersebut sehingga orang tua bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik:

  • Menghindari minum kopi, alkohol dan minuman soda untuk mengurangi kekurangpekaan kandung kemih para lansia. Selain itu juga bisa membantu lansia untuk mudah tertidur di malam hari.
  • Memberikan gelang khusus yang memuat informasi nama, alamat dan nomer telepon jika sewaktu-waktu orang tua tidak kembali pulang.
  • Membekali lansia dengan tongkat bantu jalan untuk membantunya berjalan dengan lebih aman.

Dengan kepedulian keluarga, diharapkan para lansia memiliki rasa aman dan nyaman untuk tetap bisa hidup berkualitas. sindrom geriatri sendiri bisa terjadi pada siapa saja sehingga semua anggota harus siap untuk membantu dan tetap ada bagi mereka yang memiliki sindrom tersebut apalagi jika itu terjadi pada orang tua kita. Perlakukan lansia dengan penuh kesabaran agar mereka merasa tetap dihargai dan di sayangi oleh orang-orang di sekitarnya.


1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete